Resume Materi PKKMB UNUSA Hari Ke - 1

Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA) merupakan salah satu perguruan tinggi swasta unggul yang mengimplementasikan merdeka belajar dengan indikator kerja umum yaitu lulusannya mendapatkan pekerjaan yang menjanjikan. Kurikulum Unusa jenjang pendidikan sarjana, program D4, dan program D3 mengacu pada 6 KKNI. secara umum, kegiatan mahasiswa Unusa meliputi empat pilar yakni;

1. penalaran

2. pengembangan leadership

3. pengembangan minat dan bakat

4. pengembangan bidang kesejahteraan


Pada UNUSA sistem 21st century skills diantaranya yaitu learning skill, literacy skill, dan life skill. (Prof. Kacung Marijan, Drs., MA., Ph.d)


Semua metode diatas nantinya akan mengacu pada Critical thinking. 


Critical thinking bukan dilihat dari cara berpikir saja namun, metode ini adalah metode dimana seseorang menggunakan logika dan berani untuk selalu bertanya serta mencari tahu hal-hal yang baru. Ketika seseorang banyak berpikir dan bertanya maka dari situlah banyak penemuan baru. 


Critical thinking dapat mengubah beberapa peran dalam hidup seseorang diantaranya;

personal life, kamu dapat tau hal yang baik untuk tubuh anda

professional life, kamu dapat tau bagimana anda mengatur kewajiban mu

academic life, dengan gaya hidup ini kamu dapat menambah ilmu dengan membaca buku

spiritual life, dengan ini tau berbagi hal yang baik untuk diri mu

Jika anda bertanya mengapa seseorang terutama mahasiswa Unusa harus memiliki menanamkan pada dirinya metode Critical thinking, jawabannya adalah untuk membantu problem solving, menjadikan seorang mahasiswa itu kreatif, serta mempermudah jalannya research. (Dr. Pulung Siswantara)


Mengapa Critical Thinking Penting?


Critical thinking atau berpikir kritis sangat penting karena seseorang dengan kemampuan tersebut dapat menghasilkan output pekerjaan yang baik. Berikut beberapa alasan mengapa keterampilan berpikir kritis ini penting :


1. Memecahkan Masalah Secara Efektif

Dalam lingkungan bisnis, masalah sering muncul dan memerlukan penyelesaian cepat dan tepat. Berpikir kritis membantu kita mengidentifikasi akar masalah, menganalisis situasi dengan cermat, dan merumuskan strategi yang efektif untuk menyelesaikan masalah tersebut.

2. Pengambilan Keputusan yang Tepat

Seringkali kita dihadapkan pada berbagai pilihan dan keputusan yang harus diambil. Kemampuan berpikir kritis memungkinkan kita untuk menganalisis informasi dengan cermat, mengevaluasi berbagai opsi, dan memilih solusi yang paling tepat berdasarkan fakta dan logika.

3. Menumbuhkan Inovasi dan Kreativitas

 Kemampuan berpikir kritis mendorong kemampuan inovatif dan kreatif. Dengan berpikir secara mendalam dan analitis, kita dapat menemukan solusi yang tidak konvensional atau ide-ide baru yang dapat meningkatkan proses, kualitas, dan lain lain.

4. Komunikasi yang Efektif

Berpikir kritis membantu kita menyusun argumen yang kuat dan berdasarkan bukti. Dengan kemampuan berkomunikasi yang baik, kita dapat menyampaikan ide-ide secara efektif kepada rekan kerja, atasan, atau klien, yang dapat membantu mempengaruhi keputusan dan perubahan yang positif dalam organisasi.

5. Adaptasi dalam Perubahan

Kemampuan berpikir kritis membuat seseorang lebih fleksibel dalam menghadapi perubahan yang cepat dan kompleks. Dengan berpikir secara analitis, orang dapat dengan cepat memahami perubahan situasi dan menyesuaikan diri dengan perubahan tersebut.


Fakultas Kedokteran UNUSA


referensi: 

Unusa merdeka belajar

Cermat Berpikir dengan Critical Thinking


kunjungi media sosial Unusa

Facebook : https://www.facebook.com/unusaofficial/

Instagram : https://www.instagram.com/unusa_official/?hl=en

Youtube : https://www.youtube.com/@unusa_official

Twitter (X) : https://x.com/unusa_official?lang=en

Tiktok : https://www.tiktok.com/@unusa_official


kunjungi juga blog teman saya : Nawa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resume 4 Kunci Dalam Membangun Ketangguhan Mental

Resume Materi PKKMB UNUSA Hari Ke - 2